Friday, May 9, 2008

UJUG-UJUG MAK BEDUNDUK

Ketika aku ngetik didepan komputer untuk mempersiapkan artikel buat blog ini, sebuah tangan tampak di depan mukaku. Kudongakkan kepala ini. Kulihat wajah nano-nano (seram enggak, lucu enggak, apalagi nggemesin :) )kepala sekolahku. Ditangannya sebuah amplop menyelip diantara jemarinya. Dari atas dia menyerahkan amplop tersebut kepadaku. Aku bertanya-tanya dalam hati perihal isi amplop tersebut.Kulihat pada sampul depan amplop. Tertulis : "KIP : 100 000".

Aku buka amplop tersebut perlahan. Benar, ternyata selembar seratus ribuan di dalamnya.
" Uang apa ini Pak?" tanyaku untuk menjawab rasa penasaran ini.
" Ini dari kecamatan atas prestasimu kemarin menjuarai Lomba Karya Ilmiah Populer tingkat guru SD", jawab kepala sekolah.

Hati ini senang sekali menerima uang tersebut. Tetapi rasa senang yang hinggap ini tak lama. Ternyata benar Allah memberikan rezeki dari tempat yang tiada kita duga. Kata orang Jawa, UJUG-UJUG MAK BEDUNDUK. Namun dibalik itu semua pasti ada maksud tersembunyi yang Allah kehendaki. Aku yakin bahwa segala sesuatu yang Allah skenariokan merupakan rangkaian beberapa episode. Apa gerangan yang menjadi rencana Allah kali ini?

Pulang ke rumah semua itu terjawab Sebuah kwitansi tagihan tunggakan air ledeng menempel di dinding info rumah. Tagihan selama empat bulan dengan nilai 110.000 rupiah. Pas dengan uang yang datang dari atas pagi ini. Alhamdulillah. Puji Tuhan.