Sunday, May 25, 2008

BLT ( Biar Lu Tutupmulut )

Pemerintah Akhirnya Resmi Naikkan Harga BBM

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia akhirnya memberlakukan secara resmi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai pukul 00:00 WIB, Sabtu (24/5) dengan ketetapan harga premium dari Rp4.500 naik menjadi Rp6.000 per liter, solar dari Rp4.300 naik menjadi Rp5.500 per liter, dan minyak tanah dari Rp2.000 naik menjadi Rp2.500 per liter.

"Kenaikan rata-ratanya 28,7 persen. Semua kenaikan itu sudah termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai)," kata Menteri Energi, SUmber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro, saat mengumumkan di Graha Sawala Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat (23/5) malam.



===bersamaan dengan itu....

Mensos Jamin Dana BLT Tersedia

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos), Bachtiar Chamsyah, mengatakan bahwa warga masyarakat tidak perlu serempak mengambil dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) karena pemerintah menjamin ketersediaan dana di kantor pos hingga 31 Desember 2008.

=======KATAKU.....

Kayaknya ada kesepakatan nih antara Menteri ESDM dan Menteri Sosial. Dalam angan-anganku ada dialog diantara mereka:


"Dengan mempertimbangkan peningkatan harga minyak dunia menyebabkan subsidi menjadi sangat besar sehingga memberatkan anggaran pendapatan dan belanja negara, oleh karena itu perlu disesuaikan harga jual untuk jenis BBM tertentu bagi konsumen tertentu," kata bapak Menteri ESDM.

" Trus, gimana dong nasib rakyat kecil"Kata menteri Sosial

"Harusnya mereka berbesar hati. Kata Pak Yusuf Kalla, kenaikan BBM ini justru membela kepentingan rakyat kecil karena subsidi yang selama ini dipakai juga untuk orang kaya sekarang sudah tidak lagi" Jawab Pak Menteri

"Wah, berat Pak resikonya. Ntar rakyat protes dong dengan kenaikan ini" Sanggah Menteri Sosial

"Tenang aja Sos (baca: menteri sosial), paling yang protes anak kecil para mahasiswa aja. Jika rakyat kecil protes paling-paling protesnya di warung kopi aja. Dan itu kita nggak dengar. Kata Pak Yusuf Kalla Yang protes kenaikan BBM ini justru membela kepentingan orang2 kaya" Kata Men ESDM

"Tapi nanti kalo ternyata rakyat nekat demo besar-besaran gimana dong?" Kata Mensos masih ngeyel.

"Sos, persoalan rakyat Indonesia itu sebenarnya pada masalah perut. Pemerintah mau menaikkan kek, menurunkan kek, jungkir balik kek, mereka tidak peduli. Yang penting keluarga mereka bisa tetep makan. Nah, sebelum mereka protes, tutup aja mulut mereka dengan uang. Beres habis perkara" Kata Men ESDM tersenyum bangga atas solusinya.

"Iya deh, aku terima saranmu. Sekalian aku programkan saja dalam bentuk bantuan. Eh...siapa tahu presiden bisa menilai aku berprestasi dan punya kerja. Kira-kira judulnya apa ya?" Kata Mensos sambil manggut-manggut tanda mengerti.

"Kasih aja judulnya BLT" jawan Men ESDM

"Apa tuh BLT?" tanya mensos berlagak pilon.

"Kasih tahu aja pada masyarakat kepanjangan BLT itu BANTUAN LANGSUNG TUNAI. Tapi bagi kita, BLT itu = Biar Lu Tutupmulut.

Keduanya tersenyum sambil membayangkan wajah-wajah rakyat yang cukup senang menerima bantuan tersebut walau harga BBM naik. Lantas keduanya pun tertawa terbahak-bahak.

Demikian laporan penulis dari hasil sadapan kamera CCTV (Cuma Cerita Tuk Vikiran ).
NB: cerita ini hanyalah angan-angan saja lho ya. Biar ngak stress mikirin nasib bangsa busung korupsi ini. Berharap bantuan pelipur lara ini dapat membuat adem ayem bangsa.